menu

Sabtu, 30 Oktober 2010

Semangat Kedaerahan Masih jadi Kendala

Purworejo– Kepala SMK TI Kartika Cendekia, Agus Setya Ardiyanto, menilai semangat sempit kedaerahan sebagian Bangsa Indonesia masih menjadi kendala menumbuhkan semangat kebangsaan atau nasionalisme.
Penegasan itu disampaikan Agus dalam sambutannya di Upaca Bendara Memperingati Hari Sumpah Pemuda SMK TI, 28/10/2010, di lapangan besar SMK TI.
Menurut Agus tidak jarang semangat kedaerahan meledak menjadi konflik horizontal seperti  di Tarakan Kalimantan Timur (Kaltim) September lalu.
“Bangsa ini memang masih terus berproses menjadi bangsa besar yang satu. Dalam prosesnya terjadi gerakan separatisme atau konflik kedaerahan seperti di Tarakan. Persoalan suku, agama dan ras (Sara) harus bisa ditangani dengan baik,” katanya.
Agus mengajak melalui momentum peringatan ke-82 Hari Sumpah Pemuda, seluruh elemen bangsa lebih mengutamakan semangat nasionalisme atau kebangsaan. Lebih khususnya Agus mengajak kepada anak didik SMK TI untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan baik intern sekolah maupun ekstern. (hcp-red)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar